motorcbr.com

10 Tips dan Cara Merawat Motor Sport Honda CBR 150 Indonesia

Cara Merawat Motor Sport Honda CBR 150 – Setiap orang yang sudah memiliki sesuatu dalam hidupnya, pasti diwajibkan untuk selalu menjaga dan merawatnya dengan baik. Hal itu juga berlaku untuk motor, meskipun motor adalah benda mati tetapi motor merupakan kendaraan yang memiliki peranan penting untuk menunjang kehidupan manusia, terutama dalam kegiatan sehari-hari.

All New Honda CBR 150r merupakan motor sport berjiwa kekinian. Betapa tidak, motor sport andalan Honda ini memang mempunyai banyak penggemar di semua kalangan, di kalangan anak muda khususnya. Tampilan motor yang terlihat begitu prima, tangguh, sangar dan berkualitas dapat menambah rasa percaya diri orang yang mengendarainya. Rasanya sangat pas, saat penampilan sudah keren ditambah lagi dengan mengendarai motor Honda CBR. Cocok sangatlah! Tapi, apa jadinya sudah mempunyai motor yang keren tetapi keberadaannya tidak terawat dengan baik? Padahal, setangguh apapun kemampuan yang dimiliki oleh motor tersebut jika tidak dirawat dengan baik, maka kemampuan yang dimilikinya akan menurun. Jangan sampai ya, kondisi itu terjadi pada motor CBR kesayangan Anda. Simak juga modifikasi Alll New honda cbr 150R dan peluncuran All New Honda cbr 250rr.

Oleh karena itu, akan lebih baik mulailah mengetahui bagaimana cara merawat Motor Sport Honda CBR 150 dengan benar. Merawat motor dilakukan agar kualitas dan kemampuannya tetap terjaga dengan baik, sehingga akan selalu nampak serta terasa seperti motor yang baru saja dibeli.

Apa dan bagaimanakah caranya? Sebaiknya kepo-in saja semuanya di sini karena pertanyaan tersebut penjelasannya akan dikupas tuntas di sini.

Gambar Merawat Motor CBR di Bengkel

Para pengguna motor sport di Indonesia pastinya tidak menampik informasi yang mengatakan, bahwa Motor Sport Honda CBR merupakan salah satu motor berspesifikasi mantap dan memiliki kemampuan yang memupuni. Di samping itu, motor Honda CBR ini juga telah dijejali dengan fitur-fitur teknologi terbaru honda guna untuk memuaskan para pengendaranya. Alhasil, kita bisa membuktikannya sendiri dengan membandingkannya dengan beberapa motor tangguh sekelasnya.

Bahkan, setiap kemampuan yang dimiliki oleh motor sport besutan Honda ini akan menjadi lebih optimal apabila pemiliknya selalu merawatnya dengan cara yang baik dan benar. Begitu pula dengan merawat Motor Sport Honda CBR, bukan hanya bisa dilakukan dengan pergi ke bengkel saja, karena sedikit perhatian dari sang pemilik dapat memaksimalkan kemampuan yang dimiliki oleh motor ini.

Ada banyak sekali jenis motor sport yang dimiliki oleh para pengguna motor di Indonesia, namun sekarang hanya akan dijelaskan bagaimana cara merawat salah satu jenis motor sport yang ada di Indonesia, yaitu cara merawat motor CBR 150R.

Sebenarnya, perawatan motor CBR  150 dan motor jenis lainnya tak jauh berbeda. Dengan mengambil informasi dari beberapa sumber internet diberikan informasi mengenai cara perawatan motor CBR 150. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk merawat motor CBR diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Merawat Motor CBR 150 Indonesia

#1 Menghidupkan Mesin Motor dengan Baik

Walaupun sepeda motor tidak digunakan di pagi hari, penting untuk selalu menghidupkan motor CBR kesayangan dengan menggunakan kick starter atau starter kaki. Kemudian, posisinya juga harus sesuai, yaitu dalam posisi tegak menggunakan standard tengah, jangan hidupkan kontak motor dan langsung gunakan kick starter atau starter kaki.

Cara ini bertujuan agar oli mesin dapat menyebar dengan sempurna. Setelah itu, hidupkan kontak motor dan gunakan kick starter kembali untuk menghidupkan motor. Kemudian, tariklah gas secara perlahan hingga batas angka 2.000/3.000 saja dan panaskan motor selama beberapa menit.

#2 Mematikan Mesin Motor dengan Baik

 Agar mesin motor tidak cepat rusak, mematikan mesin motor juga harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Caranya, jangan langsung memutar kunci kontak off karena sebaiknya motor harus didiamkan terlebih dahulu supaya mesin motor menjadi normal.

#3 Menggunakan Jenis Bahan Bakar yang Sesuai

 Sebenarnya motor Honda CBR tidak dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar jenis premium bersubsidi. Namun, jika terpaksa disarankan untuk mencampurkan premium dengan pertamax plus dengan perbandingan 1 : 1.

#4 Menggunakan Jenis Oli yang Sesuai

Motor Honda CBR tak hanya membutuhkan penggunaan bensin yang sesuai, tetapi juga harus menggunakan jenis oli yang sesuai. Penggunaan oli harus disesuaikan dengan anjuran yang ada di buku panduan manual motor.

Motor Honda CBR dianjurkan untuk menggunakan oli yang memiliki sertifikasi API SJ/SL/SM/SN dan JASO MA/MA2. Kemudian, juga lebih disarankan untuk memakai oli yang memiliki kekentalan sekitar 10W-30 s/d 15W-40.

#5 Memeriksa Selang Bahan Bakar

Orang yang sudah tentang mesin motor pastinya sudah mengetahui pentingnya selang bahan bakar. Pasalnya, kondisi selang yang kotor ataupun bocor akan sangat berpengaruh pada fungsi injector, dimana peranannya adalah menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi ke arah mesin yang waktunya sendiri diatur oleh Ecu. Oleh karena itu, kondisi selang bahan bakar harus sering diperhatikan dan diperiksa.

#6 Memeriksa Busi dan Filter Udara

Mungkin, cara ini sudah banyak diketahui oleh para pengguna motor. Ya memang benar, busi juga mempunyai peranan penting dalam kinerja sebuah motor, yaitu berguna sebagai pematik api dalam proses pembakaran. Oleh karena itu, busi udara tidak boleh kotor agar proses pembakaran yang berlangsung tetap sempurna. Kemudian, filter udara berperan untuk menghembuskan udara kotor menuju bagian dalam ruang bakaran mesin, sehingga filter udara juga tidak boleh kotor.

#7 Memeriksa ECU Motor

Keberadaan ECU dianggap sebagai otak dalam tubuh motor, dimana fungsinya memang berperan untuk mencampurkan keseluruhan unit injector. Apabila kondisi ECU kurang baik, maka fungsinya pun menjadi terganggu sehingga injector juga tidak akan bekerja maksimal karena motor akan sering mogok.

#8 Memperhatikan Kondisi Aki / Accu

Kesehatan aki setiap motor juga harus selalu diperhatikan, begitu pula untuk aki yang terdapat pada motor Honda CBR. Mengingat, aki mempunyai peranan penting sebagai pengontrol elektrik penghidupan mesin dan berperan sebagai penyuplai bahan bakar menuju mesin. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan kondisi aki atau acuu secara rutin agar kinerja kelistrikannya tetap dalam kondisi yang semestinya.

#9 Memakai Bahan Bakar Berkualitas

Karena alasan bahan bakar yang mahal, sering kali membuat para pengguna motor menjadi lalai untuk memilih bahan bakar yang berkualitas. Padahal, kualitas bahan bakar yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mesin. Sebaiknya, gunakanlah bahan bakar yang sesuai dengan standar pabrikannya agar kinerjanya menjadi semakin tangguh dan lebih sempurna.

#10 Melakukan Servis Secara Berkala

Semua orang yang memiliki motor pastinya sudah mengetahui bahwa motor berkemampuan handal sekalipun tidak boleh luput untuk disevice. Proses servis bisa dilakukan secara berkala, yaitu setiap speedometer menunjukkan jarak 3.000 kilometer atau kelipatannya. Langkah ini berguna untuk memeriksa injector dan semua kondisi peranti lainnya.

Saat melakukan perawatan motor pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, hal itulah yang sering dijadikan sebagai kendala utama saat ingin melakukan perawatan motor CBR dengan cara yang baik dan sesuai.

Padahal, sebagai pengguna motor CBR kita harus mengetahui bahwa semakin berkualitas dan semakin baik kinerjanya, maka perawatan yang harus dijalankan juga semakin intens dan semakin mahal.

Merawat motor secara teratur dan berkala, sama halnya dengan menjaga kesehatan serta kinerjanya sejak dini. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat anggaran biaya yang diperlukan untuk merawat motor.

Pasalnya, biaya perawatan motor yang dikeluarkan tidak akan sebanding dengan apa yang akan didapatkan ke depannya, karena motor yang selalu dirawat dengan baik akan memiliki harga jual tinggi, ketika pemiliknya ingin menjualnya. Selain itu, melakukan perawatan motor secara rutin juga dapat terhindar dari kerusakan motor serius pada motor.

Setelah membaca informasi ini, diharapkan agar kita mengerti dan lebih sadar betapa pentingnya merawat motor yang dimiliki. Jangan lupa juga untuk melakukan servis motor secara rutin, yaitu maksimal 1 bulan sekali atau perawatan rantai dan gear cbr 150 ini setiap 3 tahun sekali.

Bagi yang memiliki motor kurang dari 3 tahun, biasanya akan mendapatkan layanan servis gratis dari pihak dealer. Oleh karena itu, manfaatkanlah fasilitas tersebut sebaik-baiknya guna untuk menghemat biaya perawatan di 3 tahun pertama.

Namun, fasilitas yang diberikan setiap dealer berbeda-beda, sehingga tidak dapat disamakan antara pemilik motor CBR yang satu dengan yang lainnya.

motorcbr.com
Review
5
10 Tips dan Cara Merawat Motor Sport Honda CBR 150 Indonesia