motorcbr.com

4 Generasi Honda CBR dan Sejarah Honda CBR150 Indonesia

4 Generasi!! Sejarah Honda CBR150R Indonesia – Sebelum dikenal sebagai salah satu sepeda motor yang fenomenal saat ini, Honda CBR150R telah mengalami perubahan dari generasi ke generasi menjadi tunggangan yang lebih baik lagi.

Menurut sejarahnya, kehadiran CBR150R di Indonesia telah mengalami 4 generasi. Wow, 4 Generasi!! Sejarah Honda CBR150R ini tentunya patut diketahui oleh kita semua, termasuk para penggemar moge besutan Honda.

Walaupun Indonesia bukanlah negara satu-satunya yang dijejali oleh motor produksi Honda, namun perkembangan dan pemasaran Honda CBR150R nampak lebih agresif  bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya termasuk di Thailand.

Seperti yang sudah diketahui, Thailand merupakan tonggak awal Honda sebelum memasarkan produknya di bursa otomotif tanah air. Dengan begitu, awal produksi Honda CBR150R di Thailand juga dapat mempengaruhi tiap generasi Honda CBR150R yang dipasarkan di Indonesia.

Entah sudah berapa lama Honda turut meramaikan pasar otomotif di Indonesia, tapi dalam periode waktu tersebut Honda telah mengalami banyak tahapan dari mulai pasang – surut hingga prestasi yang berhasil didapatkanya.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita mengetahui informasi tentang 4 generasi!! Sejarah Honda CBR150R Indonesia yang akan dipaparkan di sini, Jadi, yuk lihat tentang sejarah 4 generasi Honda CBR150 Indonesia.

Generasi Pertama old honda cbr 150 dari Thailand dijual importir

 

Bagi penggemar motor Honda pada tahun 2000-an mungkin Anda ingat tentang motor CBR Honda pertama yang dipasarkan di Indonesia. Motor tersebut dulunya dikenal dengan nama Honda NSRI150R. Sebenarnya, motor dengan body ramping ini hanya akan diluncurkan di Thailand saja, tepatnya di ajang Honda Thailand pada tahun 2002. Namun, motor ini masuk dan dipasarkan di Indonesia melalui importir umum. Sementara spesifikasi yang dimiliki oleh Honda CBR150R versi pertama ialah adalah mesin 4 tak dengan teknologi DOHC berkapasitas 150 cc dengan 4 klep, tapi dulunya motor ini mesinnya masih berupa karburator.

Generasi Kedua Desainnya dibuat mirip CBR250R tahun 2011

 

Selang dalam waktu yang cukup lama, tepatnya pada bulan Oktober 2010 lalu Honda memutuskan untuk melakukan upgrade versi CBR150R pertama di Thailand. Upgrade versi ini dilakukan dengan cara menambahkan fitur fuel injeksi PGM-FI dan tampilannya pun telah dimiripkan dengan tampilan yang dimiliki oleh Honda CBR250R yang sebelumnya telah dipasarkan terlebih dahulu. Kemudian pada tahun 2011, motor Honda CBR150 generasi kedua ini dipasarkan di Indonesia lewat perantara PT. AHM (Astra Honda Motor) dengan harga sekitar 32 – 33 jutaan rupiah.

Generasi Ketiga Honda CBR 150 K45 produksi Indonesia dengan rangka teralis

 

Mungkin karena keberadaan Honda CBR150R versi pertama dan kedua telah disambut hangat oleh masyarakat di Indonesia. Kemudian, PT Astra Honda Motor mempersiapkan CBR150 generasi ketiga untuk versi lokal. Sementara di negara Thailand waktu itu mereka masih setia dengan meluncurkan motor Honda CBR150 generasi kedua. Namun, ada keuntungan dari hal ini yang bisa didapatkan oleh masyarakat Indonesia, karena pada saat itu harga Honda CBR150R versi lokal jika dibandingkan dengan versi Thailand.

Selain dari segi harga, perbedaan lainnya terdapat dari segi tampilannya. Untuk yang versi lokal telah dilengkapi dengan fairing terbaru dengan headlamp yang diletakkan split pada bagian kanan dan kiri. Kemudian, rangka yang digunakan oleh CBR150R versi lokal bukanlah deltabox, melainkan sudah trellis berkonsep diamondtruss yang sudah dilengkapi dengan suspensi belakang Pro-Link.

Generasi 4 2016 honda cbr 150r facelift terbaru

Berpatok pada kesuksesan Honda CBR150R versi ketiga, pihak AHM meluncurkan CBR 150 R lokal generasi keempat. Tentu saja ada perbedaan yang terlihat antara CBR 150R generasi keempat ini dengan generasi-generasi sebelumnya, yaitu tampilan desainnya yang terlihat lebih runcing dan sudah dilengkapi pula dengan lampu LED yang bisa menyorot tajam. Rangka yang dimilikinya pun sudah dirancang ulang menjadi lebih baik lagi walaupun tetap menggunakan rangka trellis. Sementara pada bagian mesin dan kelengkapan lainnya memang masih mengusung mesin bertipe DOHC, tetapi sudah dilengkapi dengan adanya rocker arm yang digunakan untuk memberi tekanan pada klep.

Informasi yang membahas tentang 4 generasi!! sejarah Honda CBR150R Indonesia ini membuat kita mengetahui, bahwa sebelum menjadi salah satu motor yang fenomenal dan memiliki banyak penggemar seperti sekarang ini ternyata Honda CBR150R telah mengalami banyak perubahan.

motorcbr.com
Review
5
4 Generasi Honda CBR dan Sejarah Honda CBR150 Indonesia