motorcbr.com

Kelemahan Honda CBR 150R

Kelemahan Honda CBR 150R– Walaupun telah diciptakan sedemikian rupa adanya, apapun teknologi yang diproduksi dan yang diciptakan oleh manusia pasti mempunyai kelebihan serta kelemahannya masing-masing. Hal tersebut juga berlaku pada sepeda motor buatan vendor-vendor ternama.

Sekilas terlihat dengan jelas, bahwa salah satu varian motor buatan Honda yaitu motor CBR sudah mempunyai kemampuan yang tangguh dengan balutan desain yang keren. Namun, dibalik semua itu pasti terdapat kelemahan Honda CBR yang perlu untuk diketahui dengan benar agar para penggunanya dapat mengenal kendaraannya dengan baik.

Bagi para penggemar Honda CBR mungkin akan setuju dengan pendapat bahwa motor CBR 150 R merupakan salah satu motor sport 150 cc terbaik dari Honda. Pendapat tersebut bukanlah sebuah asumsi kosong belaka, karena semua bekalan yang dimilikinya mampu membuat Honda CBR 15 R ini bersaing dengan para rival terberatnya.

Kendati demikian, motor tangguh pabrikan Honda ini juga mempunyai kekurangan atau kelemahan. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang kelemahan yang dimiliki oleh motor CBR ini, akan lebih baik jika terlebih dahulu dijabarkan tentang spesifikasi lengkapnya.

Sepeda motor CBR 150 R mengusung dimensi berukuran 1.977 mm x 711 mm x 1.117 mm (p x l x t) dengan bekalan rangka bertipe Diamond Truss Frame. Di bagian lainnya, motor ini dilengkapi dengan suspensi belakang tunggal yang sudah dilengkapi dengan sistem ProLink dn memiliki suspensi depan berjenis teleskopik.

Dibagian kaki-kakinya, motor ini semakin diperkuat dengan sistem pengereman cakram hidrolik berpiston ganda pada bagian depan dan memiliki sistem pengereman cakram hidrolik berpiston tunggal di bagian belakang.

Sementara di bagian dalamnya, Honda CBR 150R ini dibekali dengan mesin 4 langkah, 4 katup bersilinder tunggal dengan teknologi DOHC. Bekalan mesin tersebut diperlengkapi lagi dengan sistem pendingin cairan, transmisi 6 percepatan dan memiliki sistem pembakaran full injeksi.

Spesifikasi bekalan mesin yang dimilikinya itu, dapat menyemburkan power maksimum hingga 17,1 PS per 10.500 rpm dan dapat memuntahkan torsi maksimum mencapai 7.500 rpm.

Meskipun sudah terlihat mempunyai kemampuan yang sudah cukup maksimal, motor Honda CBR 150 R ini masih mempunyai kelemahan. Adapun kelemahan Honda CBR yang satu ini adalah sebagai berikut :

Kelemahan Honda CBR 150R

  • Kelemahan yang paling dirasakan saat mengendarai motor Honda CBR 150R ini adalah saat melakukan perpindahan gigi 1 menuju gigi N terasa sedikit sulit. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan melakukan penyetelan ulang pada bagian kabel kopling.
  • Kemudian, motor Honda CBR 150 R ini juga dianggap mempunyai posisi klakson yang terasa agak jauh dan agak tinggi. Anggapan tersebut sering muncul bagi orang yang sudah terbiasa mengendarai motor matic dan motor bebek.
  • Motor yang satu ini juga mempunyai redaman suspensi depan yang terasa agak keras.
  • Pada bagian erogonomi, motor ini dapat membuat tangan pengendaranya menjadi kesemutan ketika dikendarai dalam hitungan waktu yang cukup lama.
  • Kelemahan selanjutnya, terdapat pada penempatan spion yang boros tempat dan spion tersebut tidak bisa ditekuk. Untuk menyiasatinya, spion tersebut dapat dilakukan dengan spion jenis lainnya.

Walaupun semua kelemahan yang dimiliki oleh motor Honda CBR tidak terlihat begitu berarti, tetapi kelemahan tersebut dapat menganggu keamanan dan kenyamanan para penggunanya.

Akan tetapi, semua itu masih bisa diantisipasi dengan baik, yaitu dengan melakukan beberapa perubahan. Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa sedikit kelemahan tersebut tidak akan mempengaruhi kecintaan para penggemarnya terhadap motor andalan Honda yang satu ini.

Terlebih lagi, banderolan harga untuk motor ini juga terbilang lumayan terjangkau sehingga untuk mendapatkannya tidak akan menyiksa kantong.

Yup, harganya memang dijual dengan nominal yang lumayan terjangkau untuk varian CBR 150 R harganya berkisar sekitar Rp. 28.000.000,- per unitnya. Kemudian, untuk Honda CBR 150 R Repsol Edition harganya lebih mahal, yaitu Rp. 29.000.000,- per unitnya.

Selain membahas tentang kelemahan Honda CBR, di sini juga turut dijabarkan dengan jelas mengenai spesifikasi lengkapnya beserta banderolan harganya. Bagaimanakah? Informasi ini cukup layak kan untuk dijadikan sebagai tambahan pengetahuan bagi para pengguna motor CBR di Indonesia.

motorcbr.com
Review
5
Kelemahan Honda CBR 150R